Tuesday, March 13, 2012

Kasih Sayang Dan Keterikatan Pada Anak

Kedekatan diartikan sebagai hubungan timbal balik, kebersamaan secara emosi dan fisik antara anak dan pengasuh. Kedekatan ini terjadi karena hubungan batin antara anak dan orang tua. Pada umumnya hal ini terjadi pada 2 tahun pertama dari kehidupan seorang anak. Ikatan batin terbentuk pada saat terpenuhinya kebutuhan seorang bayi khususnya pada tahun pertama perkembangan anak tersebut.
Kebutuhan seorang anak pada tahun-tahun pertama adalah:
  • Sentuhan
  • Tatapan mata
  • Gerakan
  • Senyum
  • Makanan

Idealnya, pengasuh mengenali kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui cara mereka menanggulangi tangisan anak pada saat bayi. Kebutuhan sentuhan dan kedekatan seorang anak terpenuhi pada saat ibu menyusui anak. Pada saat itu ibu menatap anak dengan kasih dan memeluk anak dengan erat. Melalui kedekatan dan interaksi tersebut terbentuklah hubungan batin antara pengasuh dan anak. Anak belajar percaya bahwa dunia di luar aman; bahwa mereka bisa percaya akan orang lain – mereka akan dibantu. Melalui rasa aman, anak berani untuk menelusuri dunia luar. Kemampuan untuk mempelajari dunia luar merupakan pelajaran yang penting bagi perkembangan anak.
Pentingnya Kasih
Kekuatan ikatan batin antara anak dan ibu tampak dengan jelas. Anak yg mendapat kasih dari ibunya biasanya lebih toleran, tidak agresif dan lebih mudah menerima orang lain. Dikemudian harinya anak ini akan tampil lebih cakap dan lebih simpati pada saat mereka berhubungan dengan sesamanya. Pada saat bermain, anak ini lebih mempunyai banyak waktu untuk eksplorasi. Mereka lebih bersemangat, antusias, gigih, dan lebih dapat meminta dan menerima pertolongan dari ibunya. Mereka lebih mempunyai rasa ingin tahu, bisa mengarahkan diri , dan biasanya lebih berhasil diukur melalui test perkembangan dan bahasa. Ikatan batin adalah rangka dari kehidupan seorang anak dan merupakan kunci masa depan bagi keberhasilan anak.
Kasih Sayang dan Masa Perkembangan Anak

No comments:

Post a Comment